Jumat, 28 Agustus 2015

Leave a Comment

Dampak Negatif Diet Secara Ekstrim


Dampak Negatif Diet Secara Ekstrim * Yang dimaksud diet secara ekstrim adalah  menurunkan berat badan dengan cara mengurangi makan secara ekstrim. Menjalankan diet dengan mengurangi makan memang hasilnya terlihat sangat cepat dalam waktu yang singkat. Inilah yang harus anda ketahui bahwa dampak negatif dari diet terlalu ketat ini justru kurang diperhitungkan. Bahkan justru kemudian bisa membuat badan akan menjadi lebih gemuk lebih cepat. Diet yang seperti ini lebih mengarah kepada malnutrisi yang akan mengakibatkan menurunnya daya tahan tubuh dan kematian.

Diet secara ekstrim ini ditandai dengan menghilangkannya satu atau lebih nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, seperti karbohidrat dan lemak. Misalnya, hanya makan buah-buahan atau hanya minum air. Buah dan air ini memang sehat , akan tetapi masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein dan lemak penting. Diet ekstrim ini pada umumnya akan berdampak negatif lebih banyak dari pada positifnya. Simak dampak negatif dari diet ekstrim dibawah ini.

Dampak Negatif Diet Secara Ekstrim


  • Lemak tubuh akan lebih mudah lagi menumpuk

Saat melakukan diet secara ekstrim ini, berat badan anda mungkin akan turun dengan mudah dalam waktu yang begitu singkat. Akan tetapi sebagai hasilnya, tubuh secara alami akan mencoba untuk mengumpulkan kalori karena kekurangan vitamin dan mineral.
  • Malnutrisi

Dampak negatif paling umum bagi orang yang melakukan diet ketat dan tidak seimbang, akan mengalami kekurangan nutrisi yang dapat menyebabkan kelelahan, mudah pingsan atau bahkan mengakibatkan kematian. Tubuh memerlukan asam amino yang berasal dari protein, baik nabati maupun hewani untuk mendapatkan kekuatan atau meregenerasi sel. Atau zat besi yang sanga diperlukan untuk mengangkut oksigen keseluruh tubuh dan lemak untuk bahan bakar.
  • Selulit

Selulit adalah kondisi permukaan kulit yang terlihat berlesung dan terjadi pada area perut, paha, bokong dan pinggul. Meningkat atau penurunan berat badan secara drastis, menjadi salah satu penyebab utama selulit. Hal lainnya adalah bisa menyebabkan garis garis putih pada kulit
  • Rambut Rontok

Seluruh bagian yang ada pada tubuh kita ini juga sangat membutuhkan nutrisi, bahkan bisa berbeda beda. Kurangnya protein dan nutrisi penting lainnya juga dapat menyebabkan rambut rontok. Tubuh membutuhkan makanan yang sehat untuk regenerasi sel. Termasuk regenerasi sel kulit dan rambut.
  • Depresi

Depresi, kurangnya gairah seks dan kecemasan merupakan gangguan emosional yang sering dialami karena kurangnya gizi. Hal ini bisa disebabkan melemahnya fungsi hormon yang seharusnya bekerja dengan didukung oleh vitamin dan mineral esensial yang bisa didapat dari makanan.
  • kelaparan

Jika Anda kurang makan dalam waktu yang lama, tubuh akan merasa lapar dan cenderung mencetuskan keinginan makan makananyang gurih, seperti gorengan dan makanan berlemak tinggi. Inilah yang justru dapat memicu kenaikan berat badan kembali yang tak terkendali.

Itulah dampak negatif bagi yang sering melakukan diet secara ekstrim, saya sarankan lebih baik tida dari pada harus diet namun nemimbulkan penyakit, lebih baik gemuk namun selalu sehat. semoga artikel ini dapat membantu anda. SALAM SEHAT.

0 komentar:

Posting Komentar